Saturday, September 3, 2016

Fungsi Komunikasi | Pengantar Ilmu Komunikasi

Nama: Fakhri Muhamad
NIM: 1610411137
FISIP, Ilmu Komunikasi, Lokal D

FUNGSI KOMUNIKASI

Komunikasi sebagai kebutuhan, kemampuan, sekaligus konsumsi yang diberikan tuhan kepada manusia secara lahiriyah tentunya memiliki fungsi agar komunikasi itu sendiri dapat memenuhi tujuan tujuan tertentu.
Disini saya akan merangkum beberapa Fungsi Komunikasi dan membaginya menjadi beberapa bagian. 
  •  Fungsi Komunikasi Berdasarkan Tipe Komunikasi

Komunikasi berdasarkan tipenya dapat dibagi setidaknya menjadi 4 bagian, yaitu:

1.      Komunikasi diri sendiri
2.      Komunikasi antarpribadi
3.      Komunikasi Publik
4.      Komunikasi Massa

Dan berikut ini adalah Fungsi Komunikasi berdasarkan tipe-tipe komunikasi diatas:
Komunikasi dengan diri sendiri
Komunikasi dengan diri sendiri berfungsi untuk mengembangkan kreatifitas imajinasi, memahami dan mngendalikan diri, serta meningkatkan kematangan berpikir sebelum mengambil keputusan. Melalui komunikasi dengan diri sendiri, orang dapat berpikir dan mengendalikan diri bahwa apa yang ingin dilakukan mungkin saja tidak menyenangkan orang lain. Jadi komunikasi dengan diri sendiri dapat meningkatkan kematangan berpikir sebelum menarik keputusan.
 Komuniksi antarpribadi
Fungsi komunikasi antarpribadi ialah berusaha meningkatkan hubungan inasani (human relation), menghindari dan mengatasi konflik-konflik pribadi, mengurangi ketidakpastian sesuatu, serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain. Komunikasi antarpribadi, dapat meningkatkan hubungan kemanusiaan di antara pihak-pihak yang berkomunikasi.


Komunikasi publik
Komunikasi publik berfungsi untuk menumbuhkan semangat kebersamaan (solidaritas), mempengaruhi orang lain, memberi informasi, mendidik, dan menghibur. Bagi orang yang terlibat dalam proses komunikasi publik, dengan mudah ia menggolongkan dirinya dengan kelompok orang banyak. Ia berusaha menjadi bagian dari kelompok-kelompok sehingga sering kali ia terbawa oleh pengaruh kelompok itu.
Komunikasi Massa
Komunikasi Massa, berfungsi untuk menyebar luaskan informasi, meratakan pendidikan, merangsang pertumbuhan ekonomi, dan menciptakan kegembiraan dalam hidup seseorang. Tetapi dengan perkembangan teknologi komunikasi yang begitu cepat terutama dalam bidang penyiaran dan media pandang dengar (audiovisual), menyebabkan fungsi media massa elah mengalami banyak perubahan.

Namun, selain berdasarkan tipe-tipe komunikasi, Fungsi Komunikasi juga dapat kita bagi kepada 4 kerangka besar seperti berikut ini:

1.           Komunikasi sosial
Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi-diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang menghibur, dan memupuk hubungan dengan orang lain.

2.           Komunikasi ekspresif
Komunikasi ekspresif tidak otomatis bertujuan mempengaruhi orang lain, namun dapat dilakukan sejauh komunikasi tersebut menjadi instrument untuk menyampaikan perasaan-perasaan  (emosi) kita.

3.           Komunikasi ritual
Komunikasi rutual bertujuan untuk komitmen mereka kepada tradisi keluarga, komunitas, suku, bangsa, negara, ideology, atau agama mereka.

4.           Komunikasi instrumental
Komunikasi instrumental mempunyai beberapa tujuan umum: menginformasikan, mengajak, mengubah sikap dan keyakinan, dan mengubah perilaku atau menggerakan tindakan, dan juga menghibur.

Dari penjabaran tersebut, dapat dirangkum dan disimpulkan bahwa fungsi komunikasi secara garis besar adalah berikut ini:

  •   Menyampaikan pikiran atau perasaan
  •   Tidak terasing atau terisolasi dari lingkungan
  •   Mengajarkan atau memberitahukan sesuatu
  •   Mengetahui atau mempelajari dari peristiwa di lingkungan
  •   Mengenal diri sendiri
  •   Memperoleh hiburan atau menghibur orang lain.
  •   Mengurangi atau menghilangkan perasaan tegang
  •   Mengisi waktu luang
  •   Menambah pengetahuan dan merubah sikap serta perilaku kebiasaan
  •   Membujuk atau memaksa orang lain agar berpendapat bersikap atau berperilaku sebagaimana diharapkan


Namun, selain itu, disini juga saya ingin melampirkan beberapa Fungsi Komunikasi yang dikemukakan oleh para ahli dibidang ilmu komunikasi itu sendiri. Setidaknya ada 4 pendapat ahli yang telah saya kumpulkan berikut ini:

1.      Menurut Thomas M. Scheidel
Kita berkomunikasi terutama untuk menyatakan dan mendukung identitas-diri, untuk membangun kontak social dengan orang di sekitar kita, dan untuk mempengaruhi orang lain untuk merasa, berpikir, atau berperilaku seperti yang kita inginkan

2.      Menurut Gordon I. Zimmerman et al
Tujuan komunikasi dibagi menjadi dua kategori. Pertama, kita berkomunikasi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang penting bagi kebutuhan kita – untuk memberi makan dan pakaian kepada diri-sendiri, memuaskan kepenasaran kita akan lingkungan, dan menikmati hidup. Kedua, kita berkomunikasi untuk menciptakan dan memupuk hubungan dengan orang lain

3.      Menurut Rudolf F. Verderber
Komunikasi mempunyai dua fungsi. Pertama, fungsi social, yakni untuk tujuan kesenangan, untuk menunjukan ikatan dengan orang lain, membangun dan memelihara hubungan. Kedua, fungsi pengambilan keputusan, yakni memutuskan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu pada saat tertent, seperti: apa yang akan kita makan pagi hari, apakah kita akan kuliah atau tidak, bagaimana belajar menghadapi tes.

4.      Menurut Judy C. Pearson dan Paul E. Nelson
Komunikasi mempunyai dua fungsi umum. Pertama, untuk kelangsungan hidup diri-sendiri yang meliputi: keselamatan fisik, meningkatkan kesadaran pribadi, menampilkan diri kita sendiri kepada orang lain dan mencapai ambisi pribadi. Kedua, untuk kelangsungan hidup masyarakat, tepatnya untuk memperbaiki hubungan sosial dan mengembangkan keberadaan suatu masyarakat.


No comments:

Post a Comment

FakhriTaka

Fakhri Taka adalah seorang mahasiswa yang hobi main kartu remi, ngopi, dan nonton serial teletubbies. Sekarang lagi sibuk sibuknya nyari cara agar bisa tidur sebelum tengah malam sambil meneliti obat tidur mana yang cocok buat ditenggak.




Recent

recentposts

Random

randomposts