Saturday, November 26, 2016

Light Up The New World, Sequel from the Sequel | Review Death Note 2016

Holaaaa,,,,, udah lama banget gak update di blog ini gue. Entah abad kapan terakhir kali gue nulis disini. Rasanya waktu itu belum ada orang yang ngehina pemimpin yang majuin daerahnya sendiri.


Mungkin kalo lu liat update gue di sosmed gue tanggal 25 kemarin, lu bakal tau kalo gue baru aja nonton drama yang amat sangat gue tunggu-tunggu dari awal tahun ini. Yup, Death Note 2016 is already out broo!!!

Sebelum gue melanjutkan tulisan ini, gue mau mengingatkan buat kalian yang belum nonton filmnya, bahwa postingan ini akan dipenuhi oleh AMAT SANGAT BANYAK SEKALI SPOILER didalamnya. So, mending jangan lanjutin baca daripada kalian kehilangan momen kejut ketika menonton nanti.

Cukup banyak yang ingin gue kupas dari film ini. Cukup timpang kalo gue liat dari segi baik dan buruknya. Makanya gue akan coba bahas dari dua sisi yang berlawanan kali ini. Bakal ada kelebihan dan kekurangan dari Film DeathNote Live Action Movie 2016 di postingan ini.

Sebagai pendahuluan aja, sebelum nonton filmnya, jujur gue gak terlalu concern sama detail filmnya. Bahkan gue lupa kapan jadwal tayang filmnya. Gue cuman tau kalo film ini bakal diperanin sama Masahiro Higashide dan Masaki Suda. Udah gitu gue cuman nonton trailernya sekali dan sama sekali gak tertarik buat menggali lebih banyak lagi detail dari trailer itu. Tapi hasilnya? Worth it, gue bener bener dapet efek kejut yang sangat luar biasa pas nonton film ini kemarin.

Langsung aja kali yaa, gue mulai pembahasannya, Check this out!!



BADSIDE OF THE MOVIE

Kenapa gue langsung mulai ke sisi buruknya dulu, well pada dasarnya suka suka gue sih mau bahas yang bagus atau yang jeleknya duluan. Cuman karena emang ada beberapa hal yang mengganggu banget buat gue pas nonton film DeathNote 2016 ini kemaren, jadi rasanya gatel pengen buru-buru gue tulis.

StoryLine

Storyline atau bisa disebut alur cerita. Ini bener bener bisa jadi nilai minus buat film ini, tapi ternyata bisa sedikit diselamatkan oleh cast cast didalamnya. Permasalahan di alur ini gue rasa pure bener bener di durasi film itu sendiri. Banyak pertanyaan yang menggantung di otak gue seputar jalan cerita di film ini. Seperti Kira (Yagami Light) yang ternyata memiliki anak yang diasuh oleh Mikami yang menjadi kuasa hukum dari Amane Misa, dimana anak itu selama ini? Apa hubungannya dengan tragedi 6 DeathNote di film terbaru ini? Lalu soal Tsukuru Mishima atau yang belakangan diketahui memiliki nama asli "Ryo Nakamura" yang ternyata adalah Kira terbaru sesungguhnya. Tujuannya menjadi Kira dan akhirnya melepas kepemilikan death note pun masih mengambang belum jelas.

Overall, gue sangat mengapresiasi alur dimana film ini nampak benar benar mengadopsi cerita 10 tahun pasca tragedi pertempuran dingin antara Kenichi Matsuyama sebagai L dengan Tatsuya Fujiwara sebagai Kira.

TEMA


Awalnya, gue sangat antusias ketika melihat dari tagline film ini yang berbunyi "Light Up The New World" yang kurang lebih berarti "Mencerahkan Dunia Baru". Gue pikir film sekuel ini akan menceritakan takdir lain para pemegang death note (karena dari trailernya gue tau akan ada 6 death note) dan cara mereka menggunakan buku itu secara berbeda-beda. Tapi nyatanya yang gue dapat adalah cerita dimana tiga orang yang terobsesi untuk mengumpulkan keenam death note yang tersebar di bumi dengan tujuan yang berbeda beda. Ada yang berpikir kalau Kira atau Light Yagami masih hidup. Ada yang merasa memiliki tanggung jawab terhadap kasus Death Note karena sebelumnya pengasuhnya pernah menangani kasus yang sama. Ada yang ternyata lupa ingatan dan entah kenapa obsesinya mengumpulkan Death Note hingga saat ini gue masih belum mendapat kejelasan.
Intinya gue mau bilang bahwa tema yang dibawakan tidak terasa selaras dengan cerita dari film itu sendiri. 

Mungkin dari kalian ada yang punya penafsiran lain? bisa ditulis di kolom komentar dibawah.

GOODSIDE OF THE MOVIE

Dari dua sisi buruk, nampaknya sisi lain sukses membawa film ini menjadi laris di negara-negara tempat ia ditayangkan. Setidaknya faktor-faktor inilah yang membawa orang banyak untuk menonton film ini.....

Cast

Seperti yang gue bilang di awal, bahwa sebelum menonton film ini, gue hanya tau bahwa film ini akan dimainkan oleh seorang Masahiro Higashide yang terkenal lewat Drama Crows Explode, seri terakhir dari Trilogi Crows Zero, lalu juga ia tampil sebagai murid misterius di drama Parasyte atau Kiseijuu Live Action. Selain Higashide, juga ada Masaki Suda yang baru gue kenal melalui Assasination Classroom Live Action Movie dimana ia memerankan tokoh Karma.


Dari 2 cast diatas aja udah bikin gue sangat antusias ketika memasuki ruang bioskop. Tapi ternyata gue dikagetkan dengan seorang Sota Aoyama yang kembali memerankan tokoh yang diperankannya 10 tahun yang lalu, yaitu seorang Tota Matsuda, yang tadinya agen yang menjadi bulan bulanan L kini menjadi tokoh yang harus ditumbalkan demi kesuksesan sebuah drama.

Dan lagi gue dibuat merinding ketika melihat sosok yang gue kagumi versi 2006, sosok yang kala itu masih menjadi seorang gadis kini sudah menjelma menjadi sesosok wanita dewasa yang tentunya masih saja cantik mempesona. Sosok Erika Toda yang kembali memerankan Amane Misa di film ini tentunya amat membuat gue merinding melihatnya.

Dari 2 lagi cast yang gue sebutkan, membuat latar belakang kisah dimana tragedi ini merupakan 10 tahun yang lalu setelah L melawan Kira ini terasa sangat nyata. Dimana Matsuda yang menua dan Misa yang terlihat lebih dewasa dengan diperankan oleh orang yang sama. Oh man, gue merinding.....

Terus adalagi Sosuke Ikematsu yang memerankan seorang Ryuzaki. Awalnya, gue pikir orang yang akan mengambil peran detektif di film ini adalah Near, bocah didikan F yang akhirnya diselamatkan oleh L didalam Film terakhir dari Trilogi Death Note, yaitu L Change The World. Tapi entah kemana perginya bocah itu, kini yang ada adalah sosok Ryuzaki, Nama yang sama dengan yang dipakai oleh L ketika menemui agen agen polisi 10 tahun yang lalu. Tapi meski begitu, sosok Ryuzaki di film ini benar-benar memenuhi ekspektasi gue dimana gue ingin melihat seorang yang aneh tapi juga memiliki pembawaan yang tegas.


Some Random Scene

Beberapa scene di film ini bisa membuat gue merinding hebat. Contohnya ketika Misa mendapat rekaman suara Light, lalu ketika Misa memutuskan untuk membantu Shien mencapai tujuannya dan akhirnya Misa bunuh diri mengakhiri ingatan-ingatannya tentang Death Note. F*ck, Misa, u ruin ma brain on diss movie.....

Scene dimana Mishima dan Ryuzaki diselamatkan oleh sesosok Ama ketika hendak ditembak oleh Nanase yang menyimpan dendam dengan Kira baru yang membunuh saudaranya. Ini mengingatkan gue akan sosok Rem yang juga membunuh Watari demi menyelamatkan nyawa Misa.

Selain scene scene haru, gue juga suka scene dimana sosok shien ditampilkan. Sosok yang nampak arogan, percaya diri, tapi memiliki pembawaan yang tenang ini tak jauh beda dari sosok Karma yang Suda perankan sebelumnya. Lalu ada sosok ryuk yang entah kenapa terlihat menua padahal ia bukanlah seorang manusia.



Pokoknya kalo ada yang nanya apa yang bikin spesial dari sekuel ini, tentunya kemunculan erika toda dan sota aoyama yang bener bener meranin tokoh masing masing versi 10 tahun dari tokoh sebelumnya.

Hmm, udah dulu kali ya, mungkin kalo ada yang juga ngefans berat sama serial Death Note, kita bisa kopdar nih? Heheheheheee....

Akhir kata, sampai jumpa di postingan gue selanjutnya, CIAAAOOOOO!!!!

No comments:

Post a Comment

FakhriTaka

Fakhri Taka adalah seorang mahasiswa yang hobi main kartu remi, ngopi, dan nonton serial teletubbies. Sekarang lagi sibuk sibuknya nyari cara agar bisa tidur sebelum tengah malam sambil meneliti obat tidur mana yang cocok buat ditenggak.




Recent

recentposts

Random

randomposts